Sunday, October 3, 2010

Munculnya Pulau Baru dari Hasil Gempa Bumi

VIVAnews Forums



Gosong Wulawan, sebutan yang berarti karang emas untuk “pulau” yang baru tumbuh di perairan Haloban, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil, diyakini mengandung material berharga berupa batu bara, gas, dan mineral pirit.



Daratan baru yang muncul diantara Pulau Tailana dan Madangkati ini mengeluarkan lumpur bercampur pasir dan biji logam kuning yang berkilauan dengan volume kecil dan sumber yang banyak. Logam kuning ini belum tentu emas mungkin saja pirit atau arsenopirit yang memang hampir sama fisiknya. Tim dari BPPT, ikatan Ahli geologi Kelautan dan Pemda setempat menyatakan akan meneliti apa yang terjadi, bagaimana dampaknya dan akan diinformasikan segera ke masyarakat agar mereka tidak resah.
Kepala Pusat vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengatakan bahwa kejadian naiknya dasar laut di Kepulauan banyak itu tidak perlu diresahkan karena memang selalu terjadi setelah gempa besar. Hal yang sama pernah terjadi di Nias, yang biasa digunakan untuk surfing, lautnya menjadi dangkal setelah gempa tahun 2005




Palau Baru yang muncul di Hawai akibat Gempa Bumi

Salah satu pulau baru paling terkenal karena hasil gempa vulkanik adalah pulau kecil Surtsey, terletak di selatan Samudra Atlantik Islandia. Ini pertama kali muncul dari permukaan laut saja pada tahun 1963. Pada tahun 1965, itu dinyatakan sebagai cagar alam untuk studi suksesi ekologi, tumbuhan, serangga, burung, anjing laut, dan bentuk-bentuk kehidupan lainnya.
.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment